Mendikbud Akan Rotasi Guru Berdasarkan Zonasi

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, pihaknya mewacanakan untuk merotasi guru berdasarkan zonasi guna mengatasi ketimpangan kualitas tenaga pengajar.

"Rotasi guru kita utamakan per zona, nanti kita akan petakan tingkat ketimpangannya seperti apa. Yang paling mudah untuk diselesaikan mungkin ketimpangan tingkat SD karena di sana tidak terkait bidang studi," kata Muhadjir di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta Timur, (24/6/2019).



Selain itu, rotasi juga akan dilakukan kepada guru-guru di jenjang Sekolah Dasar (SD) yang notabene selalu mengajar di kelas yang sama dari tahun ke tahun.

"Selama ini kan guru SD kan kalau (mengajar) kelas 1 dari awal sampai pensiun akan mengajar terus di kelas 1. Ini yang tidak benar. Mestinya kalau guru SD punya pengalaman mengajar dari kelas 1 sampai kelas 6," ujar Muhadjir.

Muhadjir juga meminta agar urusan guru disentralisasi, namun uang operasionalnya bisa berasal daerah bersangkutan.

"Jika urusan guru bisa disentralisasi penanganannya, itu menurut saya urusan pendidikan 60 persen bisa selesai. Karena memang persoalan paling krusial itu guru," kata Muhadjir.

loading...

0 Response to "Mendikbud Akan Rotasi Guru Berdasarkan Zonasi"

Posting Komentar