Ini Peran Penting Orang tua di Hari Pertama Sekolah Anak

Ilustrasi—Seorang anak didampingi orang tuanya saat memilih buku yang ada di perpustakaan keliling, di Taman Foto, Jalan Anggrek, Kota Bandung, Senin (24/6/2019). (Irfan Al-Faritsi/Ayobandung.com)



Orang tua selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Orang tua selalu memperhatikan asupan gizi hingga pendidikan terbaik untuk buah hatinya. Demi mendukung optimasi si kecil, orang tua di Indonesia mulai mengenalkan anaknya dalam sistem pendidikan formal sejak dini. Hal ini dapat terlihat dari peningkatan jumlah partisipasi anak usia 3-6 tahun dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sejak tahun 2016 (72,35%) hingga 2018 (74,28%). Di saat yang bersamaan, ada lebih dari 4,6 juta anak Taman Kanak-Kanak (TK) yang tercatat pada tahun ajaran 2017/2018. Jumlah tersebut diambil dari data milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2017 dan 2018, serta data milik Pusadatin Kemendikbud tahun 2018.

“Ketika orang tua memutuskan untuk mengenalkan anak usia dini pada lingkungan sekolah, maka anak akan menghadapi dunia baru,” ujar Dr. Andyda Meliala, Pemerhati Pendidikan Anak Usia Dini dan Founder Resourceful Parenting Indonesia di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2019). Menurutnya, PAUD didesain sebagai institusi transisi yang mempersiapkan anak ke jenjang berikutnya. Dari sebelumnya hanya bermain dan mengenal lingkungan keluarga, kemudian akan memiliki pengalaman berbeda dengan pola pengajaran yang terstruktur, mengikuti arahan guru, mengenal peraturan, etika dan disiplin, hingga bersosialisasi dengan lebih banyak orang dan teman baru.  “Untuk itu, penting bagi orang tua memperhatikan momen hari pertama sekolah agar anak merasa nyaman menyambut dunia baru mereka,”jelasnya. Dalam kesempatan tersebut, Andyda mengungkap karakteristik pembelajaran anak usia PAUD. Ia menjelaskan, sebagian besar metode pembelajaran anak usia 3-6 tahun menuntut mereka untuk terus aktif bergerak, mulai dari praktik berbagai pengetahuan secara langsung hingga bermain bersama teman-temannya. “Namun, dari pengalaman saya, tidak sedikit ditemukan anak-anak PAUD baik di kota maupun daerah terpencil, yang tidak fokus dan tampak lemas ketika berkegiatan karena tidak mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan. Padahal, untuk mendukung semangat si kecil, dibutuhkan persiapan mental dan fisik, termasuk pemenuhan nutrisi yang seimbang,” paparnya.






loading...

0 Response to " Ini Peran Penting Orang tua di Hari Pertama Sekolah Anak"

Posting Komentar