Guru Muda Indonesia Siap Diterjunkan di NTT

PT. Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menggelar acara serah terima Guru Muda Indonesia bersama Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemprov NTT) dikantor Gubernur NTT, Kupang, Senin, 1 Juli 2019.


Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo mengatakan serah terima Guru Muda Indonesia ini merupakan tindak lanjut dari Program Semangat Indonesia Cerdas yang diluncurkan pada bulan April lalu. Program ini diselenggarakan dalam rangka terciptanya misi besar YPA-MDR untuk meningkatkan mutu pendidikan di wilayah prasejahtera.

"Salah satunyadengan menghadirkan guru-guru muda Indonesia yang mempunyai kompetensi dan idealisme memajukan pendidikan di Indonesia," ujar Herawati dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin, 1 Juli 2019. 

Herawati menambahkan peserta program ini nantinya akan ditempatkan di Kabupaten Rote Ndao, Kecamatan Rote Barat dan Kabupaten Kupang di Kecamatan Amarasi Selatan dan Takari. "Program ini merupakan salah satu upaya kami untuk menjadikan Kecamatan Rote Barat menjadi “Kecamatan Cerdas Berprestasi serta akselerasi sekolah binaan menuju sekolah unggul," kata Herawati

Kehadiran guru-guru muda ini, kata Herawati, diharapkan menghasilkan peserta didik yang berkualitas dalam bidang akademik, berkarakter positif dan memiliki kecakapan hidup serta melestarikan seni budaya daerahnya.

Guru Muda Indonesia akan mengajar di sekolah sebagai berikut:

Wilayah Kupang

1. SDI Sahraen
2. SDI Bijaesahan
3. SDN Oesusu
4. SDN Retraen

Wilayah Rote

1. SDN Oenggaut
2. SDN Boa
3. SDI Andaiko
4. SDI Sedeoen
5. SDI Oenitas
6. SDN Manggis
7. SDN Rinalolon
8. SMPN 1 Rote Barat
9. SMPN 2 Rote Barat
10. SMPN 3 Rote Barat
11. SMPN Satap Boa

Sebelumnya, para peserta mendapatkan pelatihan secara intensif selama satu bulan pada April hingga Mei 2019 di Jakarta. Pelatihan tersebut meliputi materi utama, yaitu pedagogik, karakter, profesionalisme guru, kurikulum 2013, How to Be Facilitator, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Pelatihan inibekerja sama dengan berbagai narasumber seperti Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) dan Sekolah Selamat Pagi Indonesia (SPI). Selanjutnya para peserta akan mulai bertugas mengajar pada Juli 2019-Juni 2020 di sekolah binaan YPA-MDR yang berlokasi di Kecamatan Rote Barat.

Melalui program Guru Muda Indonesia, YPA-MDR menargetkan adanya perubahan sikap positif siswa, guru, kepala sekolah, dan aktor pendidikan terkait. Selain itu juga lengkapnya administrasi pembelajaran di kelas, seperti kurikulum, silabus, RPP, daftar absensi, jurnal pembelajaran, dan lain sebagainya.

Herawati menambahkan, peserta program Semangat Indonesia Cerdas yang terpilih di angkatan pertama ini diharapkan memiliki semangat tinggi untuk mendidik, mengajar dan membimbing siswa binaan YPA-MDR di wilayah prasejahtera.

Pada kesempatan yang sama, YPA-MDR berkolaborasi dengan Grup Astra dan Main Dealer Astra Honda memberikan bantuan fasilitas air bersih untuk sekolah binaan di Kecamatan Rote Barat, Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur. Menyadari betapa pentingnya kebutuhan air bersih di Rote Barat yang selama ini mengalami kesulitan ketersediaan air bersih untuk menjamin keberlangsungan program hidup bersih dan sehat di sekolah binaan Astra.

"Maka dilakukan pengeboran sumur dan pipanisasi air bersih dari beberapa sumber air untuk sekolah dan sekaligus untuk kebutuhan masyarakat sekitar, yaitu di Desa Boa dan Oenitas," tutup Herawati.




Sumber : www.medcom.id
loading...

0 Response to "Guru Muda Indonesia Siap Diterjunkan di NTT"

Posting Komentar